Obat tradisional mengobati amandel pada anak

Obat amandel herbal de nature paling ampuh ~ Radang amandel adalah peradangan yang terjadi pada amandel atau tonsil. Kondisi yang dinamakan juga dengan tonsilitis ini sebagian besar dialami oleh anak-anak.


Amandel atau tonsil merupakan dua kelenjar kecil yang terdapat di dalam tenggorokan. Organ ini berfungsi sebagai pencegah infeksi, terutama pada anak-anak. Seiring dengan perkembangan umur, sistem kekebalan tubuh mereka makin kuat dan perlahan-lahan tugas tonsil sebagai penangkal infeksi mulai tergantikan. Ketika peran tonsil sudah tidak dibutuhkan lagi, kedua kelenjar ini kemudian berangsur-angsur menyusut.

Penyebab radang amandel atau tonsilitis pada umumnya adalah virus dan selebihnya disebabkan oleh bakteri. Mereka yang menderita tonsilitis akan mengalami sakit kepala, demam, nyeri tenggorokan saat menelan, sakit telinga, dan batuk. Gejala biasanya akan pulih dalam tiga hingga empat hari.

Meski sebagian besar kasus tonsilitis tidak tergolong serius, namun tetap disarankan untuk menemui dokter jika Anda atau anak Anda mengalami gejala yang berlangsung lebih dari empat hari dan tidak menunjukkan tanda-tanda pemulihan atau gejala menjadi makin parah yang membuat Anda sama sekali tidak bisa makan atau bahkan kesulitan bernapas.

Gejala Radang Amandel
Gejala radang amandel atau tonsilitis biasanya akan pulih dalam waktu 3-4 hari. Gejala-gejala radang amandel meliputi:
  • Sakit tenggorokan
  • Tonsil berwarna kemerahan dan bengkak
  • Kesulitan atau rasa sakit saat menelan
  • Nyeri telinga
  • Mual
  • Sakit kepala
  • Batuk
  • Lelah
  • Sakit perut, terutama pada anak-anak
  • Demam
  • Perubahan atau kehilangan suara
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di leher
  • Munculnya bintik-bintik nanah pada amandel
  • Bau napas

Pada kasus tonsilitis yang diakibatkan oleh infeksi virus, seperti virus pilek atau flu, gejala yang muncul pada umumnya dinilai lebih ringan daripada tonsilitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti infeksi streptococcal.

Kenalilah gejala tonsilitis pada anak-anak, meski mereka tidak dapat menggambarkan rasa sakit yang mereka derita. Anda dapat mencurigai anak terkena tonsilitis jika dia:
  • Rewel
  • Menolak makan
  • Terus-menerus mengeluarkan air liur akibat kesulitan atau sakit saat menelan

Penyebab Radang Amandel
Walau bisa disebabkan oleh bakteri, sebagian besar kasus radang amandel atau tonsilitis disebabkan oleh virus. Penularan bakteri atau virus tersebut bisa terjadi melalui:
  1. Kontak langsung, misalnya ketika tanpa sengaja Anda turut menghirup percikan air liur akibat bersin atau batuk di udara yang dikeluarkan oleh penderita penyakit ini.
  2. Kontak tidak langsung, misalnya ketika Anda tanpa sengaja memegang permukaan benda yang telah terkontaminasi virus atau bakteri, kemudian memegang mulut atau hidung Anda.

Bakteri penyebab tonsilitis umumnya berasal dari kelompok streptococcus. Sedangkan virus penyebab radang amandel di antaranya adalah:
  • Parainfluenza. Ini merupakan virus penyebab penyakit pernapasan pada anak dan radang kotak suara (faringitis).
  • Influenza, virus penyebab flu.
  • Rhinovirus, virus penyebab pilek.
  • Rubeola, virus penyebab campak
  • Adenovirus, virus penyebab diare.
  • Enterovirus, virus penyebab penyakit mulut, kaki, dan tangan.
  • Epstein-Barr, virus penyebab demam kelenjar

Anak-anak usia prasekolah hingga yang berusia pertengahan remaja lebih berisiko terkena tonsilitis. Karena pada kisaran usia tersebut, interaksi dengan kawan-kawan sebaya sangat tinggi sehingga peluang virus atau bakteri untuk menular sangat tinggi juga. Tonsilitis yang disebabkan oleh bakteri paling sering dialami anak berusia 5-15 tahun, sementara yang disebabkan oleh virus jarang dialami oleh anak yang lebih muda usianya. Walau demikian, penyakit ini jarang timbul pada anak yang berusia di bawah dua tahun. (Sumber: AloDokter)

 

Berikut herbal yang bisa Anda coba untuk mengatasi amandel, seperti dikutip Livestrong, Rabu (9/8/2016).

1. Echinacea Echinacea memurnikan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang menargetkan sistem limfatik. Ini dapat membantu mengurangi peradangan, mengurangi pembengkakan dan rasa sakit karena amandel. Echinacea juga merangsang sel-sel darah putih, sehingga sebaiknya hanya digunakan selama sakit dan tidak boleh digunakan lebih dari seminggu.

2. Bawang putih Obat herbal kuno ini telah digunakan selama ribuan tahun. Bawang putih digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh karena memiliki antioksidan serta antibakteri dan senyawa antiviral sehingga efektif memerangi pilek, flu dan radang amandel. Orang-orang yang menggunakan bawang putih menunjukkan waktu pemulihan lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak. Salah satu cara untuk menggunakan bawang putih untuk mengobati tonsilitis adalah dengan membuat teh herbal. Rebus dua siung bawang putih dalam satu cangkir air selama 5 menit. Diamkan sesaat dan didihkan selama 10 menit lebih. Angkat dan saring bawang putih dan tambahkan madu untuk mempermanisnya. Bawang putih dapat mengencerkan darah, sehingga Anda perlu konsultasi dengan praktisi kesehatan sebelum menggunakannya untuk tujuan pengobatan.

3. Cayenne, Madu dan Lemon Campuran madu, lemon, dan cabai Cayenne dapat meringankan rasa sakit dan peradangan amandel. Cayenne dapat mengurangi pembengkakan dan bertindak seperti antiseptik. Sementara madu dan lemon bisa mengurangi rasa nyeri saat menelan. (Sumber: health.liputan6)
Kapsul Pipeca, dan Kapsul Morici telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM), dengan pembuatan yg sangat hiegenis sehingga aman untuk di konsumsi


Hubungi:
087736500711 (Call/ Sms)
082134844244 (Call/ Sms/ WhatsApp)
Pin BB: By. Request
    

Artikel terkait:
obat herbal amandel tenggorokan
obat herbal amandel untuk anak 2 tahun
obat herbal amandel untuk anak
obat herbal utk amandel bengkak
obat herbal untuk amandel
obat tradisional amandel untuk anak kecil
obat herbal untu amandel
obat tradisional untuk amandel pada orang dewasa
www.obat herbal amandel
obat tradisional amandel yang ampuh
obat herbal untuk amandel yang bengkak
obat amandel tradisional yg ampuh
obat tradisional untuk amandel yang bengkak